Rilis Berita

Jemaat Gereja Yesus Kristus Meriahkan Kirab Budaya Kelurahan Punggawan Kota Solo

Warga Kota Solo di wilayah Kelurahan Punggawan, Kecamatan Banjarsari, berhimpun bersama dalam Kirab Budaya yang bertajuk “Punggawan Tumandang” yang dilaksanakan pada Sabtu, 14 September 2019. Pagelaran tersebut merupakan agenda tahunan yang sudah dilakukan selama dua tahun terakhir ini.

Namun di tahun ini ada yang berbeda dari kirab-kirab sebelumnya, karena Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir yang berdomisili di Kelurahan Punggawan mendapatkan kesempatan istimewa dimana jemaatnya dapat turut bergabung dan memeriahkan pagelaran ini dalam balutan busana nusantara.

                

Pagelaran ini juga bertepatan dengan suasana menyambut perayaan Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir ke-50 di Indonesia, sehingga ini menjadi kesempatan yang berharga bagi jemaat Gereja Yesus Kristus, khususnya di Lingkungan Pertama dan Kedua Solo, untuk bekerja sama menyukseskan program ‘5000 Jam Pelayanan’.

Kirab Budaya ini diikuti oleh enam (6) Rukun Warga serta beberapa instansi dan tempat-tempat ibadah yang berada di Kelurahan Punggawan. Bapak F.X. Rudi Rudyatmo selaku Wali Kota Solo pun turut membuka kirab budaya kali ini. Tidak semua kelurahan di Solo mengadakan kirab budaya seperti yang dilakukan oleh Kelurahan Punggawan ini. Ada beberapa latar belakang serta tujuan yang mendasari terselenggaranya kirab budaya, yaitu:

  • Nguri-uri atau merawat budaya yang ada,
  • Sebagai sarana interaksi antar warga, dan
  • Menumbuhkan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), karena bazaar juga diadakan selama kirab budaya ini.

Keikutsertaan serta antusiasme jemaat Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir dalam kirab budaya ini pun menggembirakan. Ada 142 orang yang hadir dan bersatu padu untuk memeriahkan kirab budaya ini. Sungguh kesempatan yang luar biasa dan sangat berharga yang dapat dialami oleh jemaat Gereja Yesus Kristus di Solo untuk melayani sesama, khususnya masyarakat setempat.

                      

Budi Susanto, Presiden Pasak Surakarta menyampaikan, “Kami bersyukur dapat berpartisipasi dalam acara kirab budaya ini. Selain merupakan bagian dari rangkaian gelar budaya Kelurahan Punggawan, momen ini adalah saat yang tepat untuk lebih mendengungkan 50 tahun keberadaan Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir di Indonesia. Sungguh sangat bangga melihat antusias jemaat Gereja Yesus Kristus dalam mengisi rangkaian kirab budaya ini dengan berbagai pakaian adat nusantara yang mereka miliki. Jumlah peserta yang bergabung pun jauh melebihi perkiraan saya, yaitu tercatat 142 orang. Harapan saya melalui pagelaran ini, dapat menumbuhkan kecintaan jemaat Gereja Yesus Kristus terhadap budaya nusantara, serta dapat menjalin hubungan yang erat antara Gereja Yesus Kristus dengan aparatur pemerintahan kota dan masyarakat sekitar.”

 

Siyamto, Uskup Lingkungan Pertama Solo menuturkan, “Sebagai bagian dari Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir yang berada di wilayah Kelurahan Punggawan, saya sangat senang memiliki kesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam kirab budaya yang diselenggarakan oleh pihak Kelurahan Punggawan dalam rangka memeriahkan kemerdekaan Republik Indonesia. Perasaan senang dan gembira juga terpancar dari jemaat Gereja Yesus Kristus yang berkesempatan ikut ambil bagian di dalamnya. Harapan saya dengan seringnya jemaat Gereja Yesus Kristus di Solo terlibat dalam acara-acara sosial kemasyarakatan seperti ini dan pelayanan sosial lainnya akan semakin mengakrabkan Gereja Yesus Kristus dengan masyarakat sekitar.”

William Andi, salah seorang partisipan kirab budaya mengungkapkan, “Secara pribadi, kegiatan kirab budaya ini sangat menyenangkan. Kebetulan saya mendapat bagian untuk memainkan alat musik di atas kendaraan kirab budaya ini, dan partisipasi saya ini menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta budaya sendiri. Warga pun keluar dari rumah dan tempat kerja mereka masing-masing untuk menikmati dan berinteraksi dengan rombongan kirab budaya yang melewati jalan-jalan di Kelurahan Punggawan.”

                       

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.