Topik

Brigham Young

Brigham Young terkadang dirujuk sebagai Musa Amerika atau Kolonis Besar. Dia muncul dari jajaran pemimpin awal Gereja untuk memimpin ribuan pengungsi keagamaan menyeberangi perbatasan Amerika Serikat sebelah barat yang tidak beradab. Dia membawa mereka ke tempat yang tandus, mengairi dan merawatnya serta mendirikan banyak permukiman yang berhasil. Sewaktu kelompok pertama pionir orang Mormontiba di Lembah Salt Lake pada tahun 1847 setelah bepergian 1.300 mil (2.092 km) menyeberangi Great Plains, Brigham Young memandang ke gurun yang kering dan tandus serta menyatakan, “Ini adalah tempat yang tepat.”

Lahir pada tanggal 1 Juni 1801, Brigham Young dibesarkan di sebuah permukiman di perbatasan Vermont dan hanya memperoleh 11 hari pendidikan formal. Dia adalah tukang kayu, tukang cat dan tukang kaca yang berbakat.

Pertobatannya ke dalam Gereja tidaklah langsung. Selama dua tahun, dia serius menyelidiki Kitab Mormon, dan kemudian bergabung dengan Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir ketika dia yakin akan kebenarannya. Dia kemudian memimpin Gereja sebagai presidenkedua selama 30 tahun.

Brigham Young mengawasi perjalanan darat dari 60.000 sampai 70.000 pionirke lembah Salt Lake dari Illinoisdan tempat lainnya, seperti Iowaserta Missouri, mendirikan 350 sampai 400 permukiman di Utah, Arizona, California, Idaho, Nevadadan Wyoming, dan menetapkan sistem distribusi lahan yang kemudian diratifikasi oleh Kongres.

Hanya empat hari setelah kelompok pertama pionir Mormon tiba di Lembah Salt Lake yang tandus, Brigham Young menancapkan tongkatnya ke dalam tanah di tempat yang sama di mana Bait Suci Salt Lakesekarang berdiri dan menyatakan, “Di sini akan ada bait suci Allah kita.”

Pada tahun 1849, Presiden Young menetapkan Dana-tetap Emigrasi untuk membantu para imigran miskin Orang Suci Zaman Akhir. Dana itu membantu sekitar 30.000 imigran dari Kepulauan Inggris, Skandinavia, Swiss, Jerman dan Belanda mencapai Amerika—lebih dari sepertiga jumlah keseluruhan imigran Orang Suci Zaman Akhir dari Eropa selama periode itu.

Brigham Young juga menjabat dua periode sebagai gubernur wilayah pertama Utah dan sebagai pengawas pertama urusan bangsa Indian dari Wilayah Utah. Selain itu, dia dikontrak dan membantu dalam membangun saluran telegraf dan jalur kereta api, mendirikan berbagai industri dan bisnis—termasuk pusat perbelanjaan pertama Amerika, Zions Cooperative Mercantile Institution—dan adalah pendukung dalam memberikan kepada wanita hak untuk memilih.

Terlepas dari pendidikan formal yang terbatas, Brigham Young adalah seorang penasihat pendidikan. Dia mendirikan lembaga-lembaga yang nantinya menjadi Universitas Brigham Youngdi Provo, Utah, dan Universitas Utah di Salt Lake City.

Brigham Young juga terkenal karena praktik pernikahan jamakyang dilakukannya. Dia menikahi setidaknya 20 wanita, 16 dari antaranya melahirkan 57 anak. Gereja kemudian membatalkan pernikahan jamak, dan tidak merestui praktik itu selama lebih dari 100 tahun. Dewasa ini, praktik poligami dikenakan hukuman diekskomunikasi.

Brigham Young meninggal karena sakit pada tanggal 29 Agustus 1877 di rumahnya di Salt Lake City. Dia berusia 76 tahun.

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.