82bd780ad69c11eca030eeeeac1e26a95f51d946.jpeg
Rilis Berita

Laporan 2022 tentang Bagaimana Gereja Yesus Kristus Mengurus Mereka yang Membutuhkan

Pengeluaran melebihi US$1 miliar

Tahun lalu, Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir melanjutkan upayanya untuk mengamalkan dua perintah besar.

“Kasihilah Tuhan, Allahmu” dan “kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri,” Yesus mengajarkan dalam Alkitab.

Laporan tahunan Gereja yang baru tahun 2022 tentang mengurus mereka yang membutuhkan memperlihatkan bahwa pekerjaan ini mencakup lebih dari $1 miliar dalam pengeluaran, 6,3 juta jam kerja dikerahkan sukarela, serta 3.692 proyek kemanusiaan di 190 negara dan wilayah.

Lebih dari $1 miliar yang dikeluarkan untuk membantu mengurus mereka yang membutuhkan digunakan untuk bantuan persembahan puasa, bantuan kemanusiaan, barang yang didistribusikan dari gudang uskup dan toko Deseret Industries, serta operasi seperti konseling Layanan Keluarga, pusat ketenagakerjaan, pertanian/peternakan dan fasilitas pengolahan makanan.

Sebagai Gereja Kristus, Presidensi Utama mengatakan dalam laporan tersebut, iktikadnya hanyalah melakukan apa yang akan dilakukan oleh Juruselamat dunia.

“Sebagai pengikut-Nya, kita berusaha untuk mengasihi Allah dan sesama kita di seluruh dunia,” tutur Presidensi Utama. “Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir sangat ingin memberkati orang lain dan membantu mereka yang membutuhkan. Kita diberkati untuk memiliki kemampuan, sumber daya, dan koneksi global tepercaya untuk melaksanakan tanggung jawab sakral ini, yang kami anggap sebagai privilese yang penuh sukacita.”

Laporan setebal 48 halaman ini tersedia dalam bahasa Mandarin di sini.

Sumbangan keuangan terbesar yang diberikan Gereja Yesus Kristus pada tahun 2022 termasuk $32 juta untuk Program Pangan Dunia (WFP) dan $5 juta untuk program nutrisi global UNICEF, yang membantu anak-anak yang kekurangan gizi.

“Yesus memiliki hati yang lembut terhadap anak-anak,” tutur Presiden Umum Lembaga Pertolongan, Camille N. Johnson, ketika sumbangan untuk WFP diumumkan. “Dia menangis melihat mereka kelaparan. Dan Dia bersukacita bahkan atas upaya terkecil untuk membantu mereka.”

Sumbangan signifikan lainnya adalah $5,1 juta untuk Palang Merah Amerika (selain lebih dari 1 juta unit darah yang disumbangkan dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir) dan $5 juta lagi untuk Rotary International untuk vaksinasi polio serta tetanus ibu dan bayi baru lahir.

Gereja juga memberikan kontribusi keuangan yang signifikan untuk membantu meningkatnya jumlah orang yang terkena dampak bencana alam dan konflik bersenjata. Ini termasuk bantuan untuk pengungsi Ukraina; penyintas tsunami di Tonga; korban badai di Kentucky, Florida dan Afrika Selatan; serta korban konflik sipil di Republik Demokratik Kongo.

“Kasih dan hasrat untuk membantu amat mengesankan untuk dilihat,” kata Julia, seorang anggota Gereja di Austria yang membantu para pengungsi di beberapa negara Eropa timur. “Hati orang-orang terarah kepada satu sama lain.”

Gereja juga membantu mengalirkan listrik ke komunitas Navajo di Utah, dan para anggota terlibat dengan orang Sikh dalam proyek pelayanan di Uni Emirat Arab. Orang Suci Zaman Akhir di Tennessee bermitra dengan National Association for the Advancement of Colored People (NAACP) dalam proyek pelayanan komunitas untuk para ibu di Memphis dan mereka yang membutuhkan makanan sehat di San Francisco. Dan Mesin Memberikan Terangi Dunia mengumpulkan dana untuk membeli makanan dan barang lainnya bagi mereka yang membutuhkan di 28 lokasi di seluruh dunia.

6,3 juta jam sukarela yang disumbangkan pada tahun 2022 mencakup layanan di pertanian/peternakan, kebun buah, pabrik pengalengan, dan toko Deseret Industries; misi untuk mengurus mereka yang membutuhkan; dan pembersihan setelah bencana alam.

Selain 3.692 proyek kemanusiaan, 16.285 proyek pelayanan baru difasilitasi oleh JustServe.org, portal sukarelawan daring gratis Gereja yang tersedia di 14 negara. Perangkat tersebut menghubungkan orang ke peluang pelayanan yang sesuai dengan minat dan lokasi mereka.

Uskup Ketua Gereja, Gérald Caussé, telah menyebut JustServe “sebuah gerakan dan cara agar kita dapat mengamalkan perjanjian kita” serta “memberkati dan memperkuat komunitas [kita].”

Gereja Yesus Kristus juga melanjutkan prakarsa pengelolaan lingkungannya. Sejak tahun 2018, kantor pusat Gereja telah mengurangi konsumsi air tahunannya sebesar 38 juta galon. Lebih dari 500 gedung pertemuan di seluruh dunia kini memiliki panel surya. Deseret Industries memproses 73 juta barang daur ulang. Dan Pusat Percetakan dan Distribusi Gereja mendaur ulang hampir 4.000 ton kertas, logam, karton, dan plastik.

“Sebagai anak-anak Allah, kita telah menerima tugas tanggung jawab untuk menjadi petugas pengawasan, pemelihara dan penjaga ciptaan ilahi-Nya,” kata Uskup Caussé pada konferensi umum Oktober 2022. “Tuhan berfirman bahwa Dia menjadikan ‘setiap orang bertanggung jawab, sebagai petugas pengawasan atas berkat-berkat duniawi, yang telah Aku jadikan dan persiapkan bagi makhluk-Ku.’”

Presidensi Utama mengungkapkan rasa syukur atas sumbangan waktu dan uang yang murah hati dari para Orang Suci Zaman Akhir dan orang lain yang memungkinkan pekerjaan penghiburan dan pengharapan ini di tahun 2022.

“Kami dengan penuh syukur menghargai pelayanan tanpa pamrih serta sumbangan waktu, dana, dan sumber daya lainnya oleh para anggota dan teman Gereja sewaktu kita secara kolektif mengurus orang lain,” tulis mereka. “Sewaktu kita terus mengasihi dan memperkuat satu sama lain melalui pelayanan, kami mengundang semua untuk bergabung bersama kami dalam pekerjaan penting ini.”

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.