Rilis Berita

Kebaktian Natal Area Asia Pertama Ditayangkan Langsung

Anggota di seluruh Asia berkumpul bersama untuk menceritakan kembali kisah kelahiran Yesus Kristus melalui musik dan pertunjukan Natal favorit oleh Asia kepada dunia

Pada hari Minggu, 17 Desember 2022, Kebaktian Natal Area Asia pertama yang dipersembahkan oleh para anggota Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir di Asia akan tersedia untuk disaksikan di kanal YouTube Gereja. Diciptakan dengan kasih kepada dunia, kebaktian sepanjang 50 menit tersebut menandai tonggak signifikan dengan menyatukan para anggota di seluruh Asia dalam mengalami semangat Natal yang sesungguhnya melalui kekayaan budaya, bahasa, dan kesaksian Asia.

Meskipun Natal adalah peristiwa yang besar di seluruh dunia, di Asia Natal lebih dianggap sebagai hari libur komersial. Oleh karena itu, tujuan kebaktian tersebut adalah untuk mengajari orang tentang kelahiran Kristus, menjelaskan alasan sebenarnya mengapa kita merayakan Natal, dan memotivasi orang untuk memikirkan cara untuk mengikuti teladan Juruselamat. Rujukan tulisan suci tentang kelahiran Yesus Kristus dan pertanyaan untuk direnungkan disertakan ke dalam kebaktian untuk mendorong perenungan pada tema-tema rohani ini.

Kebaktian tersebut menampilkan campuran musik dan pertunjukan Natal dari jemaat yang berperan serta di Kamboja, Hong Kong, India, Indonesia, Malaysia, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Di antara persembahan musiknya yang beragam adalah musik paduan suara, duet oleh pianis konser dan vokalis wanita, serta instrumen tradisional dalam aransemen musik lokal. Bakat-bakat Asia mengiringi peragaan ulang kelahiran Yesus Kristus, dramatisasi, tarian, kostum daerah, set gedung pertemuan dalam ruangan yang diubah secara khusus, dan lokasi pemandangan yang menakjubkan.

Asia-Area-Christmas-DevotionalDownload Photo

Digambarkan sebagai mukjizat dalam pembuatannya, kebaktian ini diprakarsai oleh para direktur Dewan Komunikasi di seluruh Asia. Formatnya ditetapkan untuk menjadi siaran video dengan kelompok-kelompok yang berbeda diberi waktu lima menit untuk membawakan lagu Natal sesuai tema kelahiran Yesus Kristus pilihan mereka dan diserahkan ke perangkat kreatif mereka. Meskipun banyak yang terlibat tidak memiliki pengalaman produksi sebelumnya, lompatan iman ini diambil bersama dengan banyaknya kenangan berharga yang dibuat. Beberapa di antaranya telah didokumentasikan sebagai wawancara dan foto di balik layar yang juga tersedia untuk dilihat di media sosial Gereja.

Sebagai hasilnya, bagian kebaktian terakhir adalah perayaan dari sembilan pertunjukan yang unik dan benar-benar autentik, berfokus pada perspektif Asia namun bergema karena menampilkan bakat dan kesaksian para anggota dengan cara yang tak terlupakan. Itu direkam dalam enam bahasa: Inggris, Indonesia, Khmer, Mandarin, Thai dan Vietnam; dan tersedia untuk dilihat dalam bahasa-bahasa tersebut selain juga bahasa Kanton dan Melayu. Ringkasan sorotan utama dari setiap presentasi video disorot di bawah:

  • Singapura - Difilmkan di bungalo kolonial yang merupakan lokasi Gedung Pertemuan Pasir Panjang saat ini dan akan menjadi Bait Suci Singapura di masa depan, pertunjukan Singapura dipersembahkan oleh paduan suara beranggotakan lebih dari 35 orang dengan solois dan aransemen musik lokal yang epik.
  • Hong Kong - Menampilkan duet klasik oleh pianis konser, penampilan Hong Kong adalah satu-satunya karya instrumental dalam Kebaktian tersebut.
  • Kamboja - Duet vokal wanita yang menampilkan kostum tradisional dalam set ruangan gedung pertemuan yang telah diubah, mempertunjukkan lagu Pratama yang merdu.
  • Vietnam - Nyanyian pujian Natal yang disukai dinyanyikan oleh paduan suara gabungan anggota dan misionaris.
  • India - Set gedung pertemuan ruangan dalam benar-benar diubah menjadi adegan palungan yang rumit dalam peragaan ulang kelahiran Yesus Kristus oleh India yang berfokus kepada bayi Yesus. Musiknya juga diaransemen dan disintesis secara lokal.
  • Malaysia - Sebuah kompilasi peragaan ulang kelahiran Yesus Kristus, dramatisasi, dan wawancara singkat tentang makna Natal, pertunjukan Malaysia menampilkan kostum asli Dayak dan berbagi budaya Sarawak serta renungan iman. Beberapa bagian dari presentasi difilmkan di Kampong Panchor Dayak yang indah.
  • Indonesia - Difilmkan di alam terbuka Goa Lalay yang megah, aransemen musik lokal menggunakan instrumen tradisional mengimbangi trio penyanyi dengan kostum tradisional, dan sepasang penari modern. Video Indonesia juga memadukan animasi dan adegan keluarga dengan citra yang dihasilkan komputer.
  • Thailand - Nyanyian pujian Natal yang mengharukan dimainkan dengan instrumen tradisional dan didukung oleh paduan suara beranggotakan lebih dari 20 orang di dalam ruangan gedung pertemuan yang diubah dengan lampu-lampu dan pohon Natal.
  • Taiwan - Dramatisasi terungkap saat duet vokal wanita menafsirkan ulang lagu dari Untuk Kekuatan Remaja dalam adegan malam luar ruangan.

Siaran Kebaktian Area Asia tersebut dapat dilihat di kanal YouTube Gereja berikut menurut bahasa pada hari Sabtu, 17 Desember 2022: Inggris, Kanton, Indonesia, Khmer, Melayu, Cina Mandarin, Thai, Vietnam

Unit-unit di seluruh Asia juga dapat meminta versi resolusi tinggi dari Tujuh Puluh Area mereka masing-masing untuk disiarkan secara langsung di gedung pertemuan mulai Sabtu, 17 Desember 2022.

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.