Topik

Peran Serta Anggota

Anggota aktif Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir cenderung berperan serta aktif secara pribadi dalam urusan Gereja, termasuk dalam administrasi setempatnya. Tidak adanya pendeta profesional bayaran berarti bahwa kepemimpinan sangat tersebar di seluruh dunia, dan kebanyakan anggota berkontribusi melalui upaya sukarela seperti mengajar atau berbagai macam pelayanan lainnya.

Pemimpin jemaat setempat dikenal sebagai uskup dan biasanya melayani dalam kapasitas itu selama sekitar lima tahun. Setelah menyelesaikan pelayanannya, dia dapat ditugaskan tanggung jawab lebih senior dalam wilayah geografis yang lebih luas, atau bisa juga, kembali ke kesempatan pelayanan yang tidak begitu menuntut dalam jemaatnya sendiri.

Dalam sebuah wawancara bulan Desember 2004 dengan pembawa acara televisi Larry King, Presiden Gordon B. Hinckley menanggapi pertanyaan, “Sulit untuk menjadi seorang anggota, bukankah begitu?” Presiden Hinckley berkata: “Tidak, itu menyenangkan. Itu penuh tuntutan, harapan besar. Saya akui, tetapi itu menyenangkan.”  

Mengenai anggota baru yang bergabung dengan Gereja, Presiden Hinckley berkata: “Mereka dipekerjakan. Mereka diberikan tanggung jawab. Mereka dibuat untuk merasa sebagai bagian dari pergerakan besar berkelanjutan ini, pekerjaan Allah. ... Mereka segera menemukan bahwa banyak diharapkan dari mereka sebagai Orang-Orang Suci Zaman Akhir. Mereka tidak membencinya. Mereka mencapainya dan menyukainya. Mereka berharap agama mereka penuh tuntutan, untuk mengharuskan informasi dalam kehidupan mereka. Mereka memenuhi syarat. Mereka memberikan kesaksian tentang kebaikan besar yang telah datang kepada mereka. Mereka antusias dan setia.

Selain pelayanan rutin yang ditugaskan kepada mereka dalam jemaat, anggota dapat menyumbangkan waktu mereka untuk mendukung sistem kesejahteraan dan kemanusiaan Gereja. Ini dapat mencakup berkontribusi beberapa jam dari waktu ke waktu di pusat pengalengan setempat di mana makanan diproduksi bagi mereka yang membutuhkan.

Anggota juga berkontribusi secara keuangan di tingkat yang mengejutkan bagi banyak orang di luar kepercayaan ini. Seorang anggota aktif biasanya menyumbangkan sepersepuluh dari pendapatan tahunannya ke Gereja, selain kontribusi bulanan bagi yang membutuhkan.

Anggota aktif Gereja biasanya menghadiri kebaktian gereja selama tiga jam pada hari Minggu, dibagi menjadi tiga pertemuan yang berbeda. Kebaktian utama hanya berlangsung lebih dari satu jam dan dikenal sebagai pertemuan sakramen. Pria dan wanita memberikan ceramah yang telah ditugaskan sebelumnya di mimbar, dan jemaat berbagi dalam bernyanyi, berdoa, dan mengambil “sakramen”—roti dan air lambang pendamaian Yesus Kristus bagi dosa-dosa umat manusia. Sisa waktu dibagi antara sekolah Minggu dan kelas-kelas untuk pria, wanita, remaja dan anak-anak. Semua pertemuan hari Minggu terbuka untuk semua orang, baik mereka anggota Gereja maupun tidak.

Siswa usia sekolah menengah berperan serta dalam seminari—sebuah kelas lima hari seminggu yang berfokus pada penelaahan tulisan suci. Tergantung pada di mana remaja tinggal, mereka dapat bertemu selama hari sekolah, sebelum atau setelah sekolah.

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.