Topik

Keyakinan Inti: Mengapa dan Bagaimana Orang Mormon Berbeda?

Perwakilan Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhirseringkali ditanyakan apakah Gereja menjadi lebih “dapat diterima secara umum” dari waktu ke waktu.

Jika istilah “dapat diterima secara umum” berarti bahwa Orang-Orang Suci Zaman Akhir semakin dipandang sebagai bagian masyarakat yang berkontribusi, relevan dan penting—terutama di Amerika Serikat, di mana sekarang ada sekitar enam juta anggota—maka, tentu saja, jawabannya adalah “iya.” Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, yang berdiri pada tahun 1830 dengan hanya enam anggota, hari ini adalah gereja terbesar keempat di Amerika Serikat menurut perkiraan mandiri.

Itu mengikuti bahwa para anggotanya ditemukan di setiap tingkatan masyarakat—dalam bisnis dan pertanian, dalam pendidikan dan ilmu pengetahuan, dalam partai politik dan dalam pemerintahan, dalam industri hiburan dan dalam media berita. Bahkan, orang-orang cenderung lebih akrab dengan Orang-Orang Suci Zaman Akhir secara individu sebagai teman, tetangga dan rekan kerja dibanding mereka dengan lembaga Gereja itu sendiri atau dengan ajarannya. Ini juga berlaku di banyak negara lainnya di luar Amerika Serikat.

Jika digambarkan sebagai “dapat diterima secara umum” berarti Gereja kehilangan ciri khas kepercayaan yang berada pada inti pesannya, jawabannya berbeda. Sementara menghormati pandangan berbeda orang-orang beragama lain, pemimpin Gereja ingin menjadi jelas tentang kepercayaan yang membantu mendefinisikan Orang-Orang Suci Zaman Akhir.

Berikut adalah beberapa perbedaan yang lebih penting dalam kepercayaan dan praktik antara Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir dan gereja Kristen lainnya.

Pemulihan

Karena Orang-Orang Suci Zaman Akhir percaya bahwa wewenang kerasulan ilahi hilang dari bumi setelah kematian para rasul zaman dahulu, suatu pemulihandari wewenang itu diperlukan. Anggota Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir percaya bahwa pemulihan dimulai pada awal tahun 1800-an dengan wahyu kepada Joseph Smith muda.

Tritunggal

Di antara perbedaan terpenting dengan gereja Kristen lainnya adalah yang mengenai sifat Allah dan Yesus Kristusdan Roh Kudus. Bersama-sama, ini membentuk apa yang sering disebut Tritunggal Kudus di banyak gereja dan sebagai ke-Allah-anoleh Orang-Orang Suci Zaman Akhir.

Nabi zaman modern, wahyu berkelanjutan dan tulisan suci baru

Orang-Orang Suci Zaman Akhir percaya bahwa Allah masih berbicara kepada umat manusia, bahwa Dia telah memanggil rasuldan nabibaru serta bahwa wahyu mengalir hari ini seperti yang terjadi zaman dahulu. Lebih lanjut, banyak dari wahyuitu telah secara resmi disertakan ke dalam jilid tulisan suci baru. Ini mencakup Kitab Mormon: Satu Kesaksian Lagi tentang Yesus Kristus ; Ajaran dan Perjanjian, sekumpulan wahyu kepada Joseph Smith dan presiden berikutnya Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir; dan Mutiara yang Sangat Berharga, yang mencakup tulisan Musa dan Abraham serta tulisan zaman modern dari Joseph Smith.

Rencana keselamatan

Teologi Orang Suci Zaman Akhir mencakup apa yang Orang Mormon sebut sebagai “ rencana keselamatan.” Topiknya mencakup keadaan prafana seluruh umat manusia, asalan mengapa Allah menciptakan dunia, sifat dan tujuan kehidupan kita di sini dan apa masa depan yang menunggu kita di kehidupan selanjutnya.

Bait suci dan tujuannya

Tujuan utama pekerjaan bait suciadalah untuk “memeteraikan” atau menyatukan keluarga, dengan harapan bahwa hubungan itu terus berlanjut setelah kematian. Ritus bait suci yang sama dapat dilakukan bagi mereka yang telah meninggal dunia. Tidak ada tandingan untuk praktik bait suci dalam gereja Kristen lainnya.

Program misionaris

Ini adalah perbedaan dalam praktik daripada dalam kepercayaan ajaran, karena banyak gereja Kristen mengirimkan misionaris untuk memberitakan Injil. Namun, program misionarisGereja adalah khas dan dapat dikenali karena jumlah dan distribusi misionaris, untuk jangka waktu dan jenis pelayanan mereka, serta untuk penampilan mereka dan pemberitaan mereka tentang Injil yang dipulihkan.

Pendeta tanpa bayaran

Gereja Yesus Kristus tidak memiliki pendeta profesional penuh waktupada tingkat jemaat. Bahkan pada tingkat tertinggi Gereja, pemimpin yang dipanggil sebagai rasul penuh waktu meninggalkan profesi mereka yang lebih menguntungkan demi melayani dalam pemanggilan seumur hidup sebagai “para saksi khusus Yesus Kristus” dan untuk mengawasi Gereja di seluruh dunia.

Praktik kesehatan

Berpantang dari alkohol di kalangan umat beragama tidaklah unit bagi Orang-Orang Suci Zaman Akhir. Namun, di kalangan Orang-Orang Suci Zaman Akhir berpantang dari alkohol diharapkan secara keseluruhan, seperti berpantang dari tembakau, teh dan kopi.

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.