Topik

Joseph Smith dan Pemulihan

Joseph SmithJr. Lahir pada tanggal 23 Desember 1805 di Sharon, Vermont, putra dari Joseph dan Lucy Mack Smith. Lahir ke dalam keluarga petani miskin, dia adalah anak kelima dari 11—sembilan yang tetap hidup melewati masa kanak-kanak. Karena keluarganya tidak mampu menyekolahkannya, Joseph hanya menerima tiga tahun pendidikan formal. Bersama dengan saudara-saudaranya, dia dididik terutama di rumah dari Alkitabkeluarga.

Bingung tentang agama selama masa tegang persaingan agama di negara bagian New York di mana dia tinggal pada tahun 1820, Joseph yang berusia 14 tahun membaca petikandalam Perjanjian Baruyang, dia tulis kemudian, berbicara ke jiwanya. Itu adalah peringatan bagi mereka yang kekurangan hikmat untuk mencarinya dari sumber ilahi. Tanggapan Joseph adalah untuk menemukan tempat menyendiri di daerah berhutan dekat rumahnya, dan berdoa secara lantang untuk pertama kalinya dalam hidupnya.

Apa yang mengikuti selamanya mengubah Joseph Smith dan menjadi ajaran inti kepercayaan Orang Suci Zaman Akhir. Joseph mencatat bahwa Allah Bapadan Yesus Kristusmenampakkan diri kepadanya. “Aku melihat seberkas tiang cahaya persis di atas kepalaku, melebihi kecemerlangan matahari, yang turun secara bertahap sampai jatuh ke atas diriku.” Di dalam cahaya itu, dia melihat dua sosok—salah satunya mengucapkan nama Joseph, menunjuk kepada yang lain, dan berkata, “Inilah Putra Terkasih-Ku. Dengarkanlah Dia!” Anggota Gereja menyebut pengalaman ini sebagai “Penglihatan Pertama.” Itu memulai pekerjaan pemulihan Gereja Yesus Kristuske bumi.

Joseph Smith mungkin paling dikenal karena penerjemahan Kitab Mormon: Satu Kesaksian Lagi Tentang Yesus Kristus. Beberapa tahun setelah Penglihatan Pertama, anggota Gereja percaya bahwa Joseph dituntun ke sebuah bukit dekat Palmyra, New York, di mana dia menerima catatan kuno dari seorang malaikat yang bernama Moroni. Catatan itu, terukir pada lempengan-lempengan logam, menceritakan sejarah bangsa yang tinggal di benua Amerika selama masa Kristus, termasuk penampakkan diri Kristus kepada mereka. Joseph menerjemahkan catatan itu dalam waktu tiga bulan, dan Kitab Mormon pertama kali diterbitkan di New York pada tahun 1830. Sebuah buku yang berisi lebih dari 500 halaman, Kitab Mormon adalah salah satu kontribusi terbesar Joseph Smith dan tulisan suci mendasar Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir.

Orang-Orang Suci Zaman Akhir percaya bahwa wewenang ilahi hilang dalam gereja kuno setelah kematian para rasul dan mengharuskan pemulihan melalui campur tangan ilahi. Pemulihan wewenang imamatmelalui Joseph Smith pada paruh pertama abad ke-19 merupakan tindakan nyata melalui kunjungan malaikat dari mereka yang memegang wewenangitu dahulu kala. 

Joseph Smith dan lima rekannya, dengan 50 orang lainnya yang turut hadir, secara resmi mengorganisasi Gereja di dalam rumah kayu di Fayette, New York, pada tanggal 6 April 1830. Dia memimpin Gereja sampai tanggal 27 Juni 1844, ketika dia mati syahid. Di bawah kepemimpinannya, keanggotaan Gereja bertumbuh dari awal yang kecil ke lebih dari 26.000.

Wahyu Joseph Smith memperkenalkan inovasi dan tantangan mencolok untuk gereja hari ini. Dia teguh dalam pembelaannya tentang kebebasan beragamabagi orang-orang dari semua agama. Wahyunya memperkenalkan konsep seperti bait sucidi mana pekerjaan penyelamatan dapat dilaksanakan bagi orang mati dan pemahaman tentang tiga tingkatan atau derajat surga serta tentang tujuan akhir dalam kehidupan selanjutnya dari anak-anak Allah yang setia. Pengalamannya dengan Penglihatan Pertama menuntun pemahaman Orang Suci Zaman Akhir tentang sifat jasmani Allah dan Yesus Kristus dan bahwa umat manusia diciptakan menurut gambar Mereka. Dia sering berbicara dan menulis tentang pengumpulan zaman akhir Israel, dan mengajarkannya tidak hanya dalam hal pengumpulan bangsa Yahudi ke dalam Israel tetapi juga pengumpulan semua umat Allah ke tempat-tempat perlindungan dan kesucian. Lihat juga: Mengapa dan Bagaimana Orang Mormon Berbeda?

Di luar Gereja, Joseph Smith juga dikenal untuk perkenalannya tentang praktik kuno poligamimelalui wahyu, meskipun ini tidak lagi dipraktikkan dalam Gereja dan jarang dibahas oleh anggota Gereja kecuali dalam konteks sejarah.

Pada tahun-tahun dia memimpin Gereja yang masih muda, Joseph mengorganisasi program misionarisinternasional dan mendirikan apa yang hari ini adalah salah satu organisasi wanitaterbesar di dunia. Dia mengawasi pembangunan tiga kota dan mengarahkan konstruksi dua—bait suci semuanya sambil menghadapi penganiayaan yang intens dari massa setempat, yang pada akhirnya mengusir anggota Gereja dari ketiga kota tempat Joseph menetap.

Karena hak-hak agama dan sipil Orang-Orang Suci sebagai warga negara Amerika telah diabaikan terlepas dari banyaknya dan seringnya permohonan banding ke pemerintah federal, para pemimpin Gereja mengumumkan pencalonan Joseph Smith sebagai Presiden Amerika Serikat pada bulan Januari 1844. Pada bulan Mei, Joseph telah secara resmi dinominasikan oleh sebuah konvensi di Nauvoo, Illinois, Platform politiknya menyerukan intervensi pemerintah atas nama hak-hak agama dan sipil dalam menghadapi penganiayaan. Ironisnya, Joseph dan saudara lelakinya dibunuh oleh sekelompok orang pada bulan Juni di tahun yang sama, menghentikan pencalonan Joseph untuk jabatan politik.

Joseph dan saudara laki-lakinya Hyrum ditembak mati pada tanggal 27 Juni 1844 oleh massa berukuran 150 sampai 200 pria. Dua bersaudara ini dan beberapa rekan dekat mereka telah dipenjara dalam sebuah penjara Illinoisatas tuduhan palsu pengkhianatan setelah menyerahkan diri kepada hukum. Joseph berusia 38; Hyrum berusia 44. Jenazah Joseph dan Hyrum dipersiapkan dan diperlihatkan untuk sekitar 10.000 pelayat pada tanggal 28 Juni, dan pada keesokan harinya dikuburkan secara diam-diam untuk menghindari serangan atau penodaan lebih lanjut oleh massa.

Gereja yang didirikan Joseph pada tahun 1830 adalah agama global hari ini yang terdiri dari 14 juta anggota, dan Joseph Smith sendiri dipandang sebagai Orang-Orang Suci Zaman Akhir sebagai nabipemimpin zaman modern. Bertentangan dengan penegasan oleh musuh Gereja, Joseph tidak disembah oleh anggota Gereja. Dia dihormati sebagai nabi tetapi masih seorang pria dengan kekurangan dan kesalahan yang umumnya terjadi pada pria lainnya.

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.