Rilis Berita

Perubahan Usia untuk Peningkatan dan Penahbisan Remaja Diumumkan

                  

Presidensi Utama Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir mengumumkan perubahan yang dirancang untuk memperkuat anak-anak dan remaja melalui peningkatan iman kepada Yesus Kristus, pemahaman yang diperdalam tentang Injil-Nya, dan persatuan yang lebih besar dengan Gereja-Nya dan para anggota Gereja.

Baca surat selengkapnya dari Presidensi Utama, serta Pertanyaan yang Sering Diajukan yang menyertainya, di bawah ini. Versi PDF surat dan pertanyaan yang sering diajukan juga tersedia.

14 Desember 2018

Kepada: Pembesar Umum; Presidensi Pelengkap Umum; Tujuh Puluh Area; Presiden Pasak, Misi, Distrik, dan Bait Suci; Uskup dan Presiden Cabang; Dewan Pasak, Distrik, Lingkungan, dan Cabang

(Untuk dibaca di pertemuan sakramen)

Para Brother dan Sister Terkasih:

Peningkatan Kelompok Usia untuk Anak-anak dan Remaja

Kami berhasrat untuk memperkuat anak-anak dan remaja kita yang terkasih melalui peningkatan iman kepada Yesus Kristus, pemahaman yang diperdalam tentang Injil-Nya, dan persatuan yang lebih besar dengan Gereja-Nya dan para anggota Gereja. Untuk itu, kami dengan senang hati mengumumkan bahwa pada Januari 2019 anak-anak akan menyelesaikan Pratama dan mulai menghadiri Sekolah Minggu dan Remaja Putri atau kuorum Imamat Harun sebagai kelompok usia pada awal Januari di tahun mereka berusia 12. Demikian juga, remaja putri akan meningkat antara kelas-kelas Remaja Putri dan remaja putra antara kuorum-kuorum Imamat Harun sebagai kelompok usia pada awal Januari di tahun mereka berusia 14 dan 16.

Selain itu, remaja putra akan memenuhi syarat untuk penahbisan ke jabatan imamat yang sesuai dengannya pada Januari ketika mereka berusia 12, 14, dan 16. Remaja putri dan remaja putra yang ditahbiskan akan memenuhi syarat untuk menerima rekomendasi bait suci penggunaan terbatas terhitung sejak Januari di tahun mereka berusia 12. Penahbisan ke jabatan imamat bagi remaja putra dan pemberian rekomendasi bait suci penggunaan terbatas bagi remaja putri dan remaja putra akan tetap menjadi urusan pribadi, berdasarkan kelayakan, kesiapan, dan keadaan pribadi. Penahbisan dan pemberian rekomendasi bait suci penggunaan terbatas biasanya akan berlangsung selama Januari.

Kami mengimbau para pemimpin setempat untuk memberlakukan perubahan ini selama Januari 2019. Informasi lebih lanjut terlampir dan juga tersedia di childrenandyouth.lds.org.

Hormat kami,

Presidensi Utama

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Para pemimpin Gereja berhasrat untuk memperkuat anak-anak dan remaja melalui peningkatan iman kepada Yesus Kristus, pemahaman yang diperdalam tentang Injil-Nya, dan persatuan yang lebih besar dengan Gereja-Nya dan para anggota Gereja. Terhitung Januari 2019, anak-anak akan menyelesaikan Pratama dan remaja akan meningkat dari satu kelas atau kuorum ke kelas atau kuorum selanjutnya sebagai kelompok usia, alih-alih pada hari ulang tahun mereka masing-masing. Penahbisan ke jabatan Imamat Harun dan pemberian rekomendasi bait suci penggunaan terbatas akan tetap berdasarkan kelayakan, kesiapan, dan keadaan pribadi, serta biasanya akan berlangsung selama Januari.

1. Apa jadwal peningkatan kelompok usia?

Anak-anak akan menyelesaikan Pratama dan mulai menghadiri Sekolah Minggu dan kelas Pramusari atau kuorum Diaken di awal tahun mereka berusia 12. Remaja putri akan meningkat antara kelas-kelas Remaja Putri, dan remaja putra antara kuorum-kuorum Imamat Harun pada Januari di tahun mereka berusia 14 dan 16. Peningkatan ini akan berlangsung sebagai kelompok usia, bukan pada hari ulang tahun tiap-tiap anak dan remaja. Sebagian anak atau remaja mungkin tidak meningkat antara organisasi, kelas, atau kuorum sesuai jadwal dikarenakan keadaan pribadi. Uskup dan orang tua berembuk bersama untuk memutuskan apa yang menjadi kepentingan terbaik bagi tiap anak atau remaja.

2. Kapan remaja putra memenuhi syarat untuk ditahbiskan ke jabatan Imamat Harun? Kapan remaja putri dan remaja putra memenuhi syarat untuk memperoleh rekomendasi bait suci penggunaan sementara?

Remaja putra akan memenuhi syarat untuk penahbisan ke jabatan imamat yang sesuai dengannya pada bulan Januari di tahun mereka berusia 12, 14, dan 16. Penahbisan akan biasanya berlangsung selama Januari. Remaja putri dan remaja putra yang telah ditahbiskan akan memenuhi syarat untuk memperoleh rekomendasi bait suci penggunaan terbatas terhitung sejak Januari di tahun mereka berusia 12. Namun, penahbisan ke jabatan imamat bagi remaja putra dan pemberian rekomendasi bait suci penggunaan terbatas bagi remaja putri dan remaja putra tetap berdasarkan kelayakan, kesiapan, dan keadaan pribadi.

3. Apakah usia untuk menahbiskan remaja putra ke jabatan imamat dimandatkan secara ajaran?

Tidak. Usia penahbisan ke jabatan Imamat Harun telah berubah-ubah di sepanjang sejarah Gereja.

4. Kapan penyesuaian ini harus diberlakukan?

Para pemimpin setempat hendaknya memberlakukan penyesuaian ini selama Januari 2019. Peningkatan antara kelas-kelas dan organisasi biasanya berlangsung pada awal Januari. Namun, pendukungan dan penahbisan dapat berlangsung selama bulan Januari untuk mengakomodasi keluarga dan jadwal wawancara.

5. Kapan wawancara remaja diadakan?

Uskup mewawancarai tiap remaja putri ketika ia menyelesaikan Pratama dan meningkat ke kelas yang selanjutnya. Uskup mewawancarai tiap remaja putra ketika ia menyelesaikan Pratama dan ketika ia meningkat ke kuorum yang selanjutnya dan ditahbiskan ke suatu jabatan imamat. Remaja usia 12 hingga 15 hendaknya bertemu dengan uskup setiap tahun dan dengan salah satu penasihat keuskupan di saat lainnya selama setahun itu. Remaja usia 16 hingga 18 hendaknya bertemu dengan uskup dua kali dalam setahun.

6. Apakah keuskupan mengumumkan di pertemuan sakramen mereka yang menyelesaikan Pratama, mereka yang meningkat ke kelas atau kuorum selanjutnya, dan remaja putra yang ditahbiskan ke jabatan imamat?

Keuskupan tidak mengumumkan di pertemuan sakramen anak-anak dan remaja ketika mereka meningkat ke organisasi, kelas, dan kuorum yang selanjutnya. Remaja putra yang ditahbiskan ke jabatan imamat diumumkan di pertemuan sakramen untuk memperoleh pendukungan. Mereka tidak perlu naik ke mimbar tetapi berdiri di tengah jemaat ketika nama mereka diumumkan dan didukung.

7. Haruskah tanggal transisi untuk peningkatan kelompok usia berlangsung pada bulan Januari?

Tidak. Di wilayah dunia di mana Januari bukanlah tanggal transisi yang lazim, wilayah-wilayah ini dapat memberlakukan perubahan ini berdasarkan tanggal transisi setempat yang mereka ikuti saat ini.

8. Bagaimana kelas-kelas Pratama dan Sekolah Minggu berubah?

Anak-anak usia sebelas tahun yang telah menyelesaikan Pratama menghadiri Sekolah Minggu. Tiap presidensi Sekolah Minggu mengorganisasi remaja usia 11 hingga 18 ke dalam kelas-kelas berdasarkan usia. Kelas-kelas ini dapat diorganisasi untuk tiap kelompok usia, atau bisa digabung untuk lebih dari satu kelompok usia. Kelas Pratama Pemberani 11 ditiadakan.

9. Bisakah remaja yang belum berusia 12 menghadiri perkemahan? Bisakah remaja yang belum berusia 14 menghadiri pesta dansa dan konferensi remaja?

Iya. Pada umumnya, remaja di suatu kelas atau kuorum dapat menikmati hak istimewa yang sesuai dengan kelas atau kuorum itu. Dengan izin orang tua mereka, Pramusari dan Diaken dapat menghadiri perkemahan sebelum ulang tahun ke-12 mereka. Demikian juga, Pramurini dan Pengajar dapat menghadiri pesta dansa dan konferensi remaja sebelum ulang tahun ke-14 mereka. Namun, seorang remaja putri atau remaja putra hendaknya berusia setidaknya 16 tahun sebelum mulai berkencan (lihat Untuk Kekuatan Remaja [2011], 4).

10. Bisakah remaja yang belum berusia 14 memiliki tugas pelayanan?

Iya. Semua Pramurini dan Pengajar dapat diundang untuk berpartisipasi dalam pelayanan dan memiliki tugas pelayanan. Mereka tidak perlu menunggu ulang tahun mereka yang ke-14.

11. Bagaimana perubahan ini mempengaruhi hari kegiatan?

Di mana dipraktikkan, Pratama terus mengadakan hari kegiatan untuk anak perempuan dan, di luar Amerika Serikat dan Kanada, untuk anak laki-laki. Anak-anak dapat mulai menghadiri hari kegiatan pada Januari di tahun mereka berusia 8 dan seterusnya hingga mereka menyelesaikan Pratama.

12. Bagaimana perubahan ini mempengaruhi Cub Scouting dan Scouts usia 11 di Amerika Serikat dan Kanada?

Sampai sebuah inisiatif baru bagi anak-anak dan remaja diluncurkan pada tahun 2020, peningkatan di Cub Scouting dan Scouting usia 11 tahun tetap sama. Anak laki-laki tetap bergabung di dalam Cub Scouts dan Scouts usia 11 tahun dan terus meningkat ke tahap selanjutnya pada hari ulang tahun mereka. Namun, ketika mereka meningkat dari Pratama ke kuorum-kuorum Imamat Harun, mereka meninggalkan Scouting usia 11 tahun mereka dan berpartisipasi dalam kegiatan Scouting bersama kuorum diaken.

Sejarah tentang Usia Penahbisan

  • Sebelum 1877: Tidak ada usia yang ditentukan; sebagian besar pria dewasa dan sebagian anak laki-laki, usia 8 ke atas
  • 1877: Tidak ada usia yang ditentukan; remaja putra usia 9 hingga 19 mulai ditahbiskan
  • 1908: Diaken: 12; Pengajar: 15; Imam: 18
  • 1925: Diaken: 12; Pengajar: 15; Imam: 17
  • 1954: Diaken: 12; Pengajar: 14; Imam: 16

Sumber Tambahan

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.