Rilis Berita

Kebaktian Natal Presidensi Utama Membagikan Pesan Kelahiran Kristus 

“Kedamaian ditemukan melalui Yesus Kristus” dikatakan dalam Kebaktian Natal Presidensi Utama

 

“Harapan kita adalah untuk mengabadikan semangat Natal yang sejati bagi diri kita dan bagi mereka yang kita kasihi,” ujar Presiden Henry B. Eyring dari Presidensi Utama Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir pada Kebaktian Natal Presidensi Utama. “Semangat itu ditandai dengan kedamaian,” Presiden Eyring berkata kepada ribuan orang yang berkumpul untuk acara tahunan tersebut di Pusat Konferensi di Alun-Alun Bait Suci di Salt Lake City pada hari Minggu, 4 Desember 2016.

“Beberapa di antara kita tinggal di lingkungan yang indah dan damai, namun kita mengalami gejolak batin. Beberapa yang lain merasakan kedamaian dan ketenteraman sempurna di tengah-tengah kehilangan pribadi yang besar, tragedi, dan pencobaan yang terus-menerus,” tuturnya. “Kedamaian yang kita upayakan itu hanya melalui dan karena Yesus Kristus.”

“Tidak ada pemberitahuan yang lebih signifikan daripada penampakan malaikat kepada Maria,” ujar Penatua Dallin H. Oaks dari Kuorum Dua Belas Rasul, yang berbicara mengenai “pemberitahuan kenabian” akan kelahiran Juru Selamat, termasuk yang disampaikan oleh Yesaya, seorang nabi dalam Perjanjian Lama, serta nabi-nabi dalam Kitab Mormon.

“Sewaktu kita mempersiapkan diri bagi Kedatangan Kedua-Nya, dan sewaktu kita berdiri di tempat-tempat kudus, kita terus merayakan Natal bukan sekadar sebagai suatu musim “Ucapan Selamat” atau “Selamat Hari Raya” namun sebagai suatu perayaan akan kelahiran Putra Allah dan suatu waktu untuk mengingat ajaran-ajaran-Nya dan signifikansi kekal akan Pendamaian-Nya,” tutur Penatua Oaks.

“’Tempat-tempat kudus’ itu tentu saja termasuk bait suci dan perjanjian-perjanjiannya yang ditaati dengan setia, sebuah rumah di mana anak-anak dihargai dan diajar, dan berbagai pos penugasan yang ditetapkan oleh wewenang imamat, termasuk misi, bait suci, dan pemanggilan lainnya yang dijalankan dengan setia di cabang, lingkungan, serta pasak,” dia menguraikan.

“Waktu luar biasa dari tahun ini, masa Natal, mengundang perasaan kelembutan, sukacita, dan kasih,” ungkap Penatua Craig C. Christensen dari Presidensi Tujuh Puluh. “Terang yang kita kasihi di saat Natal memancar dari Terang Dunia, Yesus Kristus.”

“Kelahiran Kristus tidak seperti kelahiran lainnya,” ujar Penatua Christensen, yang menyinggung tentang makna Kebangkitan Yesus Kristus. “Kita bersukacita karena kebingungan dan kegaduhan dunia ini dapat ditenangkan oleh janji yang dibuat bagi kita sejak permulaan—janji yang digenapi melalui Pendamaian Yesus Kristus. Untuk alasan inilah, kisah Natal tidak sepenuhnya diceritakan tanpa kisah Paskah. Itu adalah kurban pendamaian Juru Selamat yang menjadikan kudus malam sunyi itu di Betlehem.”

Brother Douglas D. Holmes, penasihat pertama dalam presidensi umum Remaja Putra, mengenang kembali tentang hadiah Natal terbaik yang diterimanya dari orang tuanya sebagai seorang anak kecil, hadiah yang tidak terlihat secara nyata. “Saya percaya bahwa sukacita dari memberi dan menerima hadiah dapat memalingkan hati kita pada ‘karunia Allah.’”

Brother Holmes memfokuskan ceramahnya pada karunia Roh Kudus, yang dikatakannya dapat diperoleh dengan cara memiliki hasrat untuk menerimanya, dengan berpartisipasi secara saleh dalam tata cara-tata cara dan dengan meningkatkan iman.

“Jika kita menghasratkan Roh Kudus sebagai rekan kita setiap hari, kita akan mengenyangkan diri dengan dan mematuhi firman Kristus yang diterima melalui tulisan suci, para nabi yang hidup, dan bisikan-bisikan dari Roh,” ujarnya. “Bapa memberikan karunia-Nya yang tak ternilai secara cuma-cuma kepada kita, anak-anak-Nya, pada hari Natal dan di sepanjang tahun. Saya berdoa semoga kita tidak akan meninggalkannya dalam keadaan tak dibuka tetapi menerimanya dengan memutar kunci-kunci ini.”

Presiden Dieter F. Uchtdorf dari Presidensi Utama memimpin kebaktian tersebut. Musik dipersembahkan oleh Paduan Suara “Mormon Tabernacle” dan Orkestra di Alun-Alun Bait Suci.

Siaran langsung disaksikan di seluruh dunia di LDS.org, Mormon Channel, BYUtv serta di gedung-gedung pertemuan setempat. Tekan tombol mainkan untuk menonton kebaktian tersebut secara keseluruhan.

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.