Rilis Berita

Gereja Merilis Aplikasi Musik Sakral yang Dibangun Kembali

Fitur-fitur baru di aplikasi membuatnya lebih mudah untuk berinteraksi secara digital dengan musik sakral

Sacred-Music-app-2.0
Sacred-Music-app-2.0
Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir telah merilis versi revisi aplikasi Musik Sakral untuk iOS dan Android dengan fitur-fitur baru serta tampilan dan nuansa yang lebih modern.
Download Photo

Perombakan menyeluruh aplikasi Musik Sakral populer Gereja Yesus Kristus yang dirilis pada bulan Juli mencakup fitur-fitur baru, fungsi yang ditingkatkan, serta tampilan dan nuansa yang lebih modern. Ini adalah yang pertama dari beberapa peningkatan pengalaman musik yang akan datang, kata para pemimpin Gereja dan manajer produk.

Selama bertahun-tahun para Orang Suci Zaman Akhir telah banyak menggunakan aplikasi Musik Sakral dalam ibadat di rumah dan hari Minggu. Aplikasi ini hanyalah salah satu dari beberapa sumber daya musik Gereja yang dimaksudkan untuk mengajarkan doktrin, meningkatkan kerohanian, serta memperdalam iman dan keinsafan kepada Yesus Kristus dan Injil-Nya melalui musik sakral.

“Kami senang menyediakan sumber daya musik ini yang akan memperkuat peribadatan di rumah dan di gereja,” ujar Penatua Valeri V. Cordón, Pembesar Umum Tujuh Puluh yang melayani sebagai penasihat untuk upaya revisi buku nyanyian pujian.

“Tuhan mengungkapkan perasaan-Nya mengenai musik sakral kepada Emma Smith pada tahun 1830,” tutur Penatua Cordón. “Dia berfirman bahwa adalah menyenangkan Dia saat para Orang Suci ‘membuat seleksi nyanyian pujian yang sakral … untuk dimiliki di dalam gereja-Ku,’ dan bahwa jiwa-Nya senang ‘akan nyanyian hati’ (lihat Ajaran dan Perjanjian 25:11–12). Saat kita menyanyikan atau memainkan musik sakral, kita mengundang berkat Tuhan ke dalam hidup kita, dan kita semakin dekat dengan-Nya.”

Fitur-Fiture Baru Aplikasi

Menurut Ed Krenicky, manajer produk musik untuk Gereja, antarmuka pengguna aplikasi yang ditingkatkan memenuhi kebutuhan khusus pendengar musik dan pemain musik. “Pendengar musik akan menikmati kemudahan menambahkan musik yang mereka sukai ke daftar putar,” katanya. “Pemain musik akan menyukai kemudahan menemukan partitur musik untuk paduan suara atau untuk nomor musik khusus.”

Beberapa fitur yang baru atau disempurnakan di aplikasi Musik Sakral versi iOS 2.1 dan Android 2.0 meliputi:

  • Pencarian dan pemfilteran yang ditingkatkan (di Android)
  • Fungsi baru untuk membuat dan mengelola daftar putar
  • Navigasi yang ramah pengguna
  • Kemampuan berbagi dan mencetak untuk partitur musik (di iOS)

Peningkatan Pencarian dan Pemfilteran

Kini lebih mudah menemukan musik yang Anda cari di versi Android. Indeks topik membantu Anda mencari musik tentang topik tertentu. Fungsi pencarian yang diperbarui mencakup mesin pencarian teks lengkap dan berbagai opsi untuk pemfilteran.

Fungsi Daftar Putar

Fungsi daftar putar baru membantu Anda menyusun, mengelola, dan berbagi daftar putar dari berbagai album. Anda juga dapat mengunduh dan dengan mudah mengelola musik untuk didengarkan secara luring.

Navigasi Ramah Pengguna

Beralih dengan mudah di antara berbagai opsi audio dan di antara tampilan partitur musik dan lirik. Gunakan opsi tambahan di Pengaturan untuk memilih bahasa, menyesuaikan mode gelap, dan memilih gaya font lirik.

Sacred-Music-App-2.0
Sacred-Music-App-2.0
Cuplikan layar dari aplikasi Musik Sakral iOS 2.1 menampilkan opsi baru di Pengaturan untuk partitur musik dan lirik.2023 by Intellectual Reserve, Inc. All rights reserved.
Download Photo

Kemampuan Berbagi dan Cetak untuk Partitur Musik

Di versi iOS, ubah ukuran partitur musik atau pilih versi PDF yang dapat dibagikan dengan mudah melalui alat digital atau dicetak. Hal ini memudahkan direktur paduan suara lingkungan dan pasak untuk mendistribusikan musik secara gratis dari Perpustakaan Musik Gereja.

Yang Masih Akan Menyusul

“Lebih banyak sumber daya akan diberikan dalam bulan-bulan dan tahun-tahun mendatang, dan kami berharap sumber daya tersebut akan membantu Anda bertumbuh lebih dekat dengan Tuhan,” kata Penatua Cordón.

Sumber daya tersebut mencakup perbaikan pada laman web musik Gereja serta upaya berkelanjutan yang dilakukan oleh para sukarelawan dan pegawai Gereja (di bawah arahan para pemimpin Gereja) untuk merevisi buku nyanyian pujian dan Buku Nyanyian Anak-Anak guna memenuhi kebutuhan gereja global.

“Karena ini akan menjadi koleksi musik sakral pertama kita di era digital, pemutakhiran di kanal musik digital kita ini akan mempersiapkan Gereja untuk berinteraksi dengan konten musik sakral dengan cara yang belum pernah kita lakukan sebelumnya,” kata Krenicky. “Kami sangat bersemangat untuk berbagi lebih banyak upaya musik sakral kami di tahun-tahun mendatang.”

Pertanyaan yang Sering Diajukan

sacred-music-appDownload Photo

1. Siapa audiens utama konten musik sakral dan apa manfaat musik sakral bagi mereka?

Aplikasi ini khususnya berguna bagi Orang Suci Zaman Akhir yang tertarik untuk mendengarkan musik sakral dan menemukan partitur musik, tetapi semua orang dipersilakan menggunakan musik sakral untuk:

  • Meningkatkan iman dan peribadatan kepada Bapa Surgawi dan Putra-Nya, Yesus Kristus
  • Mengajarkan dan mempelajari doktrin inti
  • Menyanyikan puji-pujian kepada Tuhan dengan penuh sukacita
  • Menemukan penghiburan dan kedamaian
  • Merasa menyatu dengan anak-anak Allah

2. Apa perbedaan Aplikasi Musik Sakral dengan persembahan musik di aplikasi Perpustakaan Injil?

Aplikasi Musik Sakral memuat perpustakaan musik resmi Gereja, yang terdiri dari 5.000 lagu lebih dalam bahasa Inggris dan konten musik dalam lebih dari 50 bahasa non-Inggris.

3. Saya memiliki gagasan atau umpan balik untuk aplikasi Musik Sakral. Bagaimana saya bisa mengirimkannya?

Formulir “Kirim Umpan Balik” tersedia di bagian pengaturan aplikasi. “Silakan kirimkan permintaan fitur, pertanyaan Anda, bug yang Anda lihat, atau jika Anda hanya ingin mengirimkan pujian,” kata Krenicky. Kami senang mendengar dari pengguna kami.”

    4. Dalam berapa bahasa aplikasi tersedia?

    Aplikasi Musik Sakral tersedia dalam 28 bahasa, dan masih banyak lagi yang akan menyusul. Konten yang tersedia bervariasi untuk setiap bahasa. Lingkup bahasa aplikasi akan diperluas untuk memungkinkan konten tambahan dipublikasikan saat tersedia.

    5. Apakah semua musik di aplikasi tersedia untuk digunakan dalam pertemuan sakramen?

    Meskipun semua konten musik di aplikasi Musik Sakral dapat dipertimbangkan untuk digunakan di rumah dan di Gereja, pilihan musik untuk pertemuan sakramen hendaknya disetujui oleh pimpinan setempat. Para pemimpin Gereja dan anggota yang memiliki pemanggilan musik hendaknya bekerja sama untuk dengan sengaja memilih musik untuk memfasilitasi peribadatan, melengkapi renungan yang diucapkan dalam pertemuan gereja. Musik yang dipilih untuk paduan suara dan persembahan musik khusus hendaknya memiliki tingkat keterampilan yang sesuai bagi mereka yang terlibat dalam persembahan musik tersebut.

    6. Di mana saya dapat mempelajari lebih lanjut tentang upaya musik Gereja saat ini?

    Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.