Rilis Berita

Memberdayakan Kehidupan dan Membina Pendidikan

Inisiatif Kemanusiaan Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir di Lombok, Indonesia

Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir diakui atas dedikasinya terhadap upaya kemanusiaan di seluruh dunia. Setelah beberapa bulan berupaya membantu penduduk pulau Lombok, Gereja telah menyelesaikan berbagai proyek yang bertujuan untuk mendukung masyarakat setempat dan mendorong pendidikan di wilayah tersebut. Proyek-proyek ini, termasuk pembangunan kembali Sekolah Gangga dan musholla serta penambahan lantai kedua pada Sekolah di Lombok Tengah, telah memberikan dampak positif bagi para siswa di sekolah-sekolah tersebut.

lombok-students.jpg
lombok-students.jpg
Sekelompok anak sekolah berkumpul saat peresmian salah satu proyek kemanusiaan di Lombok, Indonesia. Juli 20232023 by Intellectual Reserve, Inc. All rights reserved.
Download Photo

Pembangunan Kembali Sekolah Gangga & Musholla

Pada tahun 2018, Lombok dilanda gempa bumi dahsyat yang menimbulkan kerusakan parah dan korban jiwa. Bangunan yang terkena dampak antara lain adalah SMP Negeri 2 Gangga dan musholla, yang keduanya merupakan bagian integral dari desa sekitar. Namun, karena kendala keuangan, proses pembangunan kembali tertunda secara signifikan, sehingga membuat para pelajar dan masyarakat cemas menunggu bantuan. Para siswa dan guru bahkan mengadakan kelas di luar ruangan di bawah pohon.

Bapak Edi Suwarno, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Gangga mengatakan, “Pertama-tama kami sangat berterima kasih atas bantuan tersebut. Bagian depan sekolah roboh akibat gempa, sehingga bangunan tidak ada gunanya, separuh bangunan hancur. Faktanya, masih banyak sekolah di Lombok Utara yang membutuhkan bantuan karena rusak akibat gempa. Kami sangat bersyukur, tidak hanya pihak sekolah saja namun seluruh masyarakat berterima kasih atas bantuan ini.”

Menyadari kebutuhan mendesak untuk memulihkan gedung-gedung ini, Gereja mengambil tindakan. Rekonstruksi gedung-gedung ini menyediakan lingkungan belajar yang aman dan kondusif bagi para siswa dan juga menegaskan kembali komitmen Gereja terhadap kerja sama antaragama dan saling menghormati. Banyak anggota komunitas sekolah serta tetangga sekitar berkumpul untuk merayakan selesainya proyek tersebut.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan pembangunan kembali sekolah dan musholla karena setelah gempa keadaan di sini sangat susah. Kami hanya bermimpi membangun sekolah kami, tapi sekarang sudah menjadi kenyataan, jadi kami sangat bersyukur,” tutur Bapak Pardin, salah satu komite pengawas sekolah.

Sekolah Beleka, Toilet, Meja dan Kursi

Di Desa Beleka, Gereja melaksanakan proyek penting lainnya untuk meningkatkan fasilitas pendidikan. Pembangunan toilet yang berdekatan dengan Sekolah Beleka mengatasi masalah kebersihan dan sanitasi. Akses terhadap fasilitas toilet yang bersih meningkatkan lingkungan siswa dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Selain itu, pembelian 732 kursi dan 366 meja memberikan kontribusi signifikan terhadap perbaikan kondisi pembelajaran di sekolah. Dengan berinvestasi pada sumber daya mendasar ini, Gereja menunjukkan dedikasinya dalam memajukan pendidikan dan memberdayakan generasi masa depan di Desa Beleka.

School-expansion
School-expansion
Tambahan lantai kedua Sekolah Shohiburraham2023 by Intellectual Reserve, Inc. All rights reserved.
Download Photo

Penambahan Sekolah Lombok Tengah

Di Desa Beleka juga, Sekolah Shohiburraham menghadapi kendala kapasitas, karena bangunan yang ada sebelumnya tidak mampu menampung jumlah siswa yang terus bertambah. Menyadari pentingnya pendidikan berkualitas, Gereja mengambil inisiatif untuk menambahkan lantai kedua ke sekolah tersebut, yang menghasilkan lima ruang kelas tambahan.

Proyek Penambahan Sekolah di Lombok Tengah mempunyai dampak yang luas terhadap masyarakat setempat dengan menyediakan ruang yang sangat dibutuhkan bagi siswa untuk belajar dan berkembang. Hal ini juga menginspirasi rasa harapan dan tekad di antara penduduk desa.

Keterlibatan Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir dalam proyek kemanusiaan di Lombok, Indonesia, melanjutkan warisan amalnya dalam mengembangkan pendidikan dan mendukung masyarakat yang membutuhkan. Proyek-proyek ini dimungkinkan karena sumbangan murah hati dan kesukarelaan para anggota Gereja. Gereja memberikan bantuan tanpa memandang ras, afiliasi agama, atau kebangsaan.

Catatan Panduan Gaya:Ketika melaporkan tentang Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, mohon gunakan nama lengkap Gereja dalam rujukan pertama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan nama Gereja, pergi ke panduan gaya daring kami.Panduan Gaya.